button

-----Selamat Datang Diblog Saya----Selamat Membaca Dan Memahami Bacaan diBlog Saya----Jangan Lupa Datang Lagi----Di Http://www.Heyriedow.blogspot.com//

My Banner

create your own banner at mybannermaker.com!
Copy this code to your website to display this banner!

SHARING KONEKSI INTERNET VIA WIRELESS (WIN7)


“Bagaimana sih cara membagi koneksi internet yang saya pakai dengan computer lain?”. Banyak sekali temen-temen yang bertanya untuk masalah ini. Sebetulnya ada 2 cara yaitu dengan Wireless dan LAN. Namun untuk tips kali ini saya akan menggunakan Wireless untuk tipsnya.“Trus bagaimana kalau pakai LAN?”. Artikelnya akan menyusul nanti jadi mohon sabar yah, ^^
Oya lupa, 1 tips lagi nih. Untuk mempraktekkan tips ini sebaiknya pada lingkungan yang kecil seperti rumah, bila digunakan pada lingkungan yang lebih besar maka sebaiknya anda menggunakan Router.
1.   Instalasi Koneksi
Dalam contoh ini, saya menggunakan koneksi EVDO via modem USB. Selain EVDO, anda juga bisa menggunakan modem USB dengan koneksi 3G,HSDPA, maupun CDMA.
·         Install modem USB seperti biasa sesuai dengan modem anda. Lalu coba anda praktekkan browsing dengan Firefox apakah koneksi internet sudah berjalan atau belum.
·         Bila belum, anda harus men-setting modem USB anda terlebih dahulu.
·         Bila sudah, buka Control Panel – Network and Sharing Center – klik Set up a new connection or network.
·         Dijendela yang muncul, pilih Set up a dial-up connection.

2.   Mengaktifkan Service yang Diperlukan
Sebelum mengaktifkan Virtual Wifi, ada beberapa service di Windows yang harus diaktifkan.
·         Buka Run dan ketikkan services.msc
·         Pastikan service yang bernama Internet Connection Sharing (ICS) dan Windows Firewalldalam keadaan aktif dengan status Automatic atau Manual.
·         Bila statusnya Disabled, klik 2x nama service-nya lalu ubah Startup Type-nya menjadi Automatic.
·         Jika muncul Error yang menyatakan “The Dependency service or group failed to start”, artinya ada service berkaitan yang sedang dalam keadaan tidak aktif atau disabled.
·         Solusinya, pilih tab Dependencies dan lihat daftar service yang ditampilkan. Apakah semuanya dalam keadaan aktif? Jika ada yang tidak aktif, aktifkan dengan cara pada point 3 di atas.
·         Restart PC.

3.   Menggunakan Virtual Wifi
Untuk menggunakan cara ini, hanya bisa pada system operasi Windows 7 karena hanya Windows 7-lah yang sudah dilengkapi software Virtual Wifi oleh pihak Microsoft.
·         Pastikan koneksi internet pada keadaan mati. Sebagai admin, buka command prompt (Run - cdm) dan ketikkan perintah “netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaJaringanAnda key=PasswordJaringanAnda”. Untuk SSID, silakan anda isi sesuka anda (contoh: hotspotku) dan untuk Key, pastikan menggunakan password dengan 8 karakter(contoh: cobacoba). Sesudah itu, tekan enter dan akan keluar pemberitahuannya.
·         Jika sukses, pada Device Manager akan muncul adapter baru bernama Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter. Di Control Panel – Network Connections akan muncul koneksi baru yang menggunakan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter. Bila Virtual WiFi ini tidak muncul, anda bisa menggunakan driver lain baik yang resmi maupun pihak ketiga.
·         Langkah berikutnya adalah proses Sharing. Buka Control Panel – Network and Sharing Center. Dijendela sebelah kiri, klik Change adapter settings.
·         Klik kanan koneksi internet yang akan di-sharing, dalam hal ini adalah koneksi EVDO yang menggunakan modem USB dan pilih Properties.
·         Pilih tab Sharing, dan beri centang pada Allow other network users to connect trough this computer’s internet connection. Pada Home networking connection, pilih koneksi yang menggunakan Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter. Dalam contoh saya adalah Wireless Network Connection 2. Jangan sampai keliru dengan koneksi menggunakan WLAN card anda (cara untuk mengetahuinya, lihat pada Network Connection lalu semua jenis koneksi pilih dengan type koneksi yang menggunakan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter ) lalu klik OK.

4.   Cara Penggunaan Virtual Wifi
Pada dasarnya, Virtual Wifi memang bisa dikendalikan pada command prompt. Namun daripada repot, kita bisa menggunakan aplikasi yang bernama Virtual Router dengan ukuran file 1,01 MB.
·         Install Virtual Router seperti biasa, jika sudah selesai tutup dulu Virtual Router-nya (bukan restart).
·         Aktifkan koneksi internet anda (modem USB) dan juga WLAN  card (tombol Wi-Fi pada laptop atau computer anda) lalu jalankan kembali aplikasi Virtual Router. Di Network Name dan Password, isikan sesuai dengan yang anda buat tadi pada command prompt (contoh tadi: Name-hotspotku, password-cobacoba). Pada Shared Connection, pilih nama koneksi yang anda pakai. Seperti contoh saya, koneksi yang dipakai adalah yang menggunakan modem USB EVDO. Klik Start Virtual Router.
·         Sekarang, dari computer lain yang ingin bergabung dengan Hotspot computer anda tinggal nyalakan Wifi-nya. Lalu klik icon koneksi yang ada pada system tray dan pilih nama jaringannya lalu klik Connect.
·         Masukkan password-nya, klik OK. Maka computer sudah bisa menggunakan hotspot.
·         Dijendela Virtual Router, bila ada computer atau perangkat lain yang terhubung ke hotspot, akan muncul tampilan IP Address sesuai laptop masing-masing.
·         Untuk mematikan hotspot, klik Stop Virtual Router lalu matikan WLAN card anda.
·         Selamat menikmati . . . ^^

5.   Troubleshooting
: Kenapa Virtual Router saya tidak mau jalan?
A: Pastikan urutan apengaktifan hardware yang benar adalah aktifkan internet, aktifkan WLAN card lalu jalankan Virtual Router.

Q: Saya berhasil menjalankan Virtual Router dan berhasil menhubungkan computer lain dengan Hotspot. Namun, ketika Virtual Router dimatikan dan dijalankan kembali, Virtual Router-nya tidak mau jalan?
A: coba restart Service Virtual Routernya, caranya : buka service.msc lewat kotak Run. Pilih VirtualRouterService lalu klik Restart this service.

Q: Bisakah saya menggunakan command prompt tanpa Virtual Router sama sekali?
A: Bisa, karena Virtual Router sebenarnya adalah wujud GUI dari dari perintah-perintah yang diberikan command prompt. Contohnya, untuk memulai pengaktifan hotspot, di command prompt anda bisa menuliskan perintah “netsh wlan start hostednetwork”. Untuk menghentikan “netsh wlan stop hostednetwork”.

Q: Di Virtual Router muncul IP address berupa IPv6 sehingga muncul peringatan IP Address could not be found?
A: Buka Control Panel – Network and Internet – Network Connections. Klik 2x pada koneksi yang menggunakan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter. Pilih tab Networking, hilangkan centang pada Internet Protocol version 6.

Q: Adakah software lain yang menyajikan fitur sama seperti Virtual Router?
A: Ada, namanya adalah Connectify yang bisa di download di www.connectify.me dengan ukuran 2,34MB. Namun, banyak kasus yang menyatakan bahwa dengan menggunakan Connectify bisa menyebabkan Blue Screen.
Source & Thanks to: http://bloggerbiasa.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar